Friday, February 26, 2016

BANK SAMPAH MAHASISWA

Ide ini sebenarnya sudah lama banget ingin saya terapkan, tapi entah kenapa sampai sekarang belum terealisasi juga (tidak ada penggeraknya ). Istilah Bank Sampah tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat luas, tapi tidak bisa dipungkiri banyak warga di kampung halaman saya yang masih bingung dengan 2 kata tersebut. Bicara mengenai Bank Sampah di Kampus, mungkin terdengar nggak penting kali ya. Tapi disini saya ingin menekankan bahwa ini bukan bank sampah biasa. *Asekkk wkwkwk.
Untuk mekanismenya seperti ini :
1. Mahasiswa datang ke stand Bank Sampah untuk setor sampah(paling tidak sampah makanannya sendiri ya). Kalau bisa rutin atau setelah habis jajan .
2. Petugas Bank Sampah akan mencatat hasil timbangan dan memasukkan nominal uang di dalam buku tabungan. Jadi sistemnya tidak bisa ambil uang cash langsung, tapi ditabung dulu.
3. Setelah sebulan, mahasiswa bisa melihat tabungannya . Ada 3 pilihan yang ditawarkan oleh bank sampah ini untuk menukar uang yang ada di tabungan tersebut . Pertama uang hasil tabungan bisa ditukar dengan buku( sesuai nominal tabungan dan permintaan dari mahasiswa) ,Kedua uang hasil tabungan bisa ditabung untuk biaya liburan asia trip(ditabung selama 1 tahun). Dan yang ketiga uang hasil tabungan bisa disumbangkan ke lembaga-lembaga sosial yang membutuhkan( istilah kerennya dari sampah untuk sedekah) .

 Nah itu saja sih idenya,
jadi intinya bank sampah mahasiswa ini kalau bisa, dari mahasiswa dikerjakan oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa . Atau kalau memang terlalu sulit, mahasiswa bisa bekerja sama dengan Bank Sampah terdekat untuk manajemen pengelolaan. Jadi sampah langsung bisa didistribusikan ke bank sampah yang sudah besar. Mahasiswa tinggal mengatur hasil tabungannya.

Ya, kalaupun ide ini terlalu khonyol mungkin itu hanya celoteh pagi ini. Tapi saya berharap suatu saat, meskipun bukan saya ada orang yang ingin menerapkannya. Karena tujuannya bukan di hasilnya, tapi lebih dari itu .Yaitu bagaimana seorang mahasiswa bisa bertanggung jawab terhadap sampahnya sendiri dan sampah tidak lagi jadi sampah ,tapi jadi barang yang bisa menguntungkan.

Akhirnya Postingan Pertama di Sabtu Pagi :) Alhamdulilah

2 comments:

  1. Ide sangat bagus. Dengan bank sampah maka kampus akan makin bersih

    ReplyDelete
  2. Ayo Mbk. Id, jadi penggeraknya ha ha,hitung" bisa mengurangi beban OB kampus juga ...Sampah jadi berkah 😁

    ReplyDelete